WANITA DAN KEKRISTENAN


Shallom…

Bangsa kita pada setiap 21 April memperingati hari lahirnya R.A. Kartini. Kartini dinobatkan sebagai pahlawan gerakan emansipasi wanita Indonesia.

Apa kata Alkitab tentang bagaimana wanita memainkan peranannya dalam kehidupan?

Alkitab banyak berbicara tentang seputar kehidupan masyarakat Timur Tengah, khususnya Israel. Israel sangat kuat dengan budaya paternalistisnya, dimana seorang-laki-laki memiliki peranan lebih besar daripada wanita. Bahkan laki-laki dianggap lebih unggul dari wanita.

Meskipun demikian, uniknya Alkitab memberikan ruang sangat luas dan terbuka bagi wanita dalam kehidupan Kristen.

Sejak manusia jatuh dalam dosa, Tuhan sudah menubuatkan akan adanya keturunan perempuan yang akan menginjak kepala ular (Kejadian 3:15).

Alkitab juga mencatat nama-nama perempuan karena peranannya yang tidak bisa dilihat dengan sebelah mata. Ada nabiah Hulda, Debora, Ester, Rut, dan lain-lain.

Bahkan silsilah Tuhan Yesus dalam Matius pasal 1 mencatat tiga nama wanita karena peranannya yang unik. Ada Rut, Tamar dan Rahab.

Dalam pelayanan Tuhan Yesus, peranan wanita juga sangat besar andilnya. Diantaranya ada Magdalena, Yohana, Susana, dan lain-lain.

Demikian pula dalam perkembangan Gereja mula-mula, peranan wanita tidak dapat dikesampingkan. Ada Priskila, ada Febe, Maria, Yunias, Trifena, Trifosa, Euodia, Sintikhe, dan lain-lain.

Dalam masa-masa kebangunan rohani peranan kaum wanita juga sangat besar.

Terlebih di masa kini, wanita ditantang untuk memberikan peranannya yang lebih meningkat. Wanita wajib memandang  pria sebagai mitranya, dan bukan sebagai pesaingnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar