PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH

Efesus 6:10-18
Oleh: Pdt. Edi Zakaria





Tentara Tuhan Yesus ditakdirkan mengalami kemenangan demi kemenangan. Namun demikian Tuhan tidak mengijinkan sedikit pun sembrono. Itulah sebabnya setiap orang percaya wajib berjaga-jaga dan mengenakan kelengkapan senjata Allah.

I. Mengapa harus menggunakan kelengkapan senjata Allah?

1. Supaya Kuat dalam Kekuatan Tuhan (ay. 10).
Banyak yang menawarkan kekuatan ekstra, tetapi Tuhan mau kita tinggal kuata di dalam kekuatan kuasaNya dan bukan karena atau di dalam yang lain.

2. Yang kita hadapi tipu muslihat Iblis (11)
Sangat sulit mengukur dan memastikan validitas pernyataan/ informasi dari Iblis. Tetapi bila memiliki senjata Allah, semua bisa ditangkis dan diporak porandakan.

3. Perjuangan kita bukan melawan darah dan daging (ay. 11-13)
Sulit untuk menggolongkan seseorang sebagai musuh karena merea dipakai oleh Iblis. Tetapi Firman Allah itu terang.
Jadi tanpa perlengkapan senjata Allah maka kita tidak akan mampu melawan Iblis.


II. Apa saja perlengkapan senjata Allah itu?

1. Ikat pinggang kebenaran (14)
Mengapa ikat pinggang di-sebut pertama kali? Sebab semua ke-lengkapan yang lain bergantung kepada ikat pinggang kebenaran ini.
Jadi bila anak Tuhan tidak hidup dalam kebenaran pasti hidupnya kedodoran dan berantakan.
Kata kebenaran digunakan kata “aletheia” yang memiliki arti kesungguhan dan kesejatian atau kebenaran yang benar-benar betul.

2. Baju zirah keadilan (14)
Fungsi baju zirah adalah menutupi dada. Kata keadilan digunakan kata “dikaiosune” yang artinya kebenaran yang dipraktekkan atau kebenaran dalam arti praktis.
Jika anak Tuhan tidak mempraktekkan “dikaiosune” maka akan Iblis menghancurkan “organ-organ penting” dalam kehidupan dirinya.

3. Kasut kerelaan memberitakan Injil (15)
Memberitakan Injil harus menjadi gaya hidup anak-anak Tuhan. Anak Tuhan yang tidak memiliki kerinduan memberitakan Injil berarti kekristenannya “jalan di tempat”.

4. Perisai Iman (16)
Iman adalah senjata Allah untuk menolak dan menangkal semua tipu daya Iblis.

5. Ketopong keselamatan (17)
Ketopong itu seperti helm yang melindungi kepala. Kepala adalah bagian tubuh yang paling vital. Dari sinilah semua bagian tubuh “dikomando” untuk bergerak dan berfungsi.
Aku sudah diselamatkan adalah dasar untuk mengerahkan seleuruh energy hidup untuk bergerak dan berfungsi dalam memuliakan Tuhan. Dasar pikiran ini harus dilindungi secara kuat agar kita menjadi tentara Tuhan yag efektif.

6. Pedang Roh yaitu Firman Tuhan (17)
Firman Tuhan adalah pedang yang tajam dan bermata dua yang sangat ampuh untuk mematikan serangan Iblis. Jika anak Tuhan tidak mendalami dan menaati Firman Tuhan maka anak Tuhan kehilangan otoritasnya untuk menghancurkan musuh.

7. Berdoa itu ibarat radar (18)
Berdoa membuat kita siap menghadapi serangan musuh. Lewat doa kita mendapatkan pewahyuan dan hikmat untuk mengalami kemenangan dari Tuhan.

III. Tidak ada jalan mundur (13)
Senjata Allah melindungai seluruh bagian tubuh, tetapi tidak ada perlindungan sama sekali bagi punggung. Mengapa? Supaya tentara Tuhan tidak menoleh dan berbalik meninggalkan peperangan. Begitu engkau berbalik maka engkau pasti binasa.
Jadi apapun yang terjadi di hadapanmu…. hadapilah!!!
Jatuh? bangkit lagi. Terluka? Diobati. Tetapi jangan sekali-kali berbalik dan melarikan diri. (EZ)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar