LCD Text Generator at TextSpace.net

ALLAH ITU ESA ADANYA

1. ALLAH YANG BENAR ITU ESA ADANYA

Ul. 4:35 Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa TUHANlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia.
 
Ul. 4:39 Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa TUHANlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.
 
Ul. 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
 
1Sam 2:2 Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.
 
2Sam 7:22 Sebab itu Engkau besar, ya Tuhan ALLAH, sebab tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami.
 
1Raj 8:60 supaya segala bangsa di bumi tahu, bahwa TUHAN-lah Allah, dan tidak ada yang lain,
 
2Raj 19:15 Hizkia berdoa di hadapan TUHAN dengan berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel, yang bertakhta di atas kerubim! Hanya Engkau sendirilah Allah segala kerajaan di bumi; Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi.
 
Yes 44:6-8 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku. Siapakah seperti Aku? Biarlah ia menyeru-kannya, biarlah ia memberitahukannya dan mem-bentangkannya kepada-Ku! Siapakah yang me-ngabarkan dari dahulu kala hal-hal yang akan datang? Apa yang akan tiba, biarlah mereka mem-beritahukannya kepada kami! Janganlah gentar dan janganlah takut, sebab memang dari dahulu telah Kukabarkan dan Kuberitahukan hal itu kepada-mu. Kamulah saksi-saksi-Ku! Adakah Allah selain dari pada-Ku? Tidak ada Gunung Batu yang lain, tidak ada Kukenal!"
 
Yes 44:24 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang mem-bentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang meng-hamparkan bumi -- siapakah yang mendampingi Aku? --
 
Yes 45:5-6 Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku, supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,
 
Yes 45:14b Hanya di tengah-tengahmu ada Allah, dan tidak ada yang lain; di samping Dia tidak ada Allah!
 
Yes 45:18c "Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain.
 
Yes 45:21c ... Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!
 
Yes 45:22b Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.
 
Ho 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.
 
Yl 2:27 Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada di antara orang Israel, dan bahwa Aku ini, TUHAN, adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya."
 
Mark 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengar-lah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
 
Mark 12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.
 
Yoh 5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?
 
Yoh 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
 
1Kor 8:4b "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."
 
1Tim 1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
 
1Tim 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
 
Yak 2:19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.
 
Yud 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Masih banyak lagi ayat-ayat yang menegaskan bahwa Allah itu hanya SATU dan tidak ada yang lain. Dan Allah tidak pernah menutup-nutupi keberadaanNya yang Esa itu dengan mistery trinitas atau lainnya. Tidak ada kebenaran lain yang lebih mengemuka dalam Alkitab selain dari pada kebenaran tentang ke-Esa-an Allah.

 
Ke-Esa-an Allah itu adalah kebenaran khusus yang diamanatkan Allah kepada kaum Israel untuk dipelihara dan dilindungi turun temurun di antara bangsa-bangsa. Inilah wahyu terbesar tentang Diri Allah yang diberikanNya kepada Abraham dan harus diwariskan turun temurun kepada seluruh bangsa Israel sebagai pertanggung jawaban yang suci.
Perkalian dan pembilangan jumlah Allah adalah pertentangan yang menyesatkan. Sebab hanya ada SATU Yang Mahakuasa, Allah yang Esa. Hanya ada SATU Allah yang semua di dalam semuanya (all inclusive).
 
Ke-Esa-an Allah adalah berita dan kebenaran besar dari Perjanjian Lama. Tuhan Yesus hendak dirajam oleh orang-orang Yahudi karena Ia menyamakan diriNya dengan Allah. Itu terjadi karena mereka tidak memahami bahwa Yesus adalah Allah yang menyatakan diri sebagai manusia. Dia adalah Firman yang menjadi manusia. Itulah sebabnya Yesus dengan tegas berkata: “Aku dan Bapa adalah satu.” (Yohanes 10:30). Sebab Yesus bukanlah Pribadi Allah yang lain. Yesus adalah Yahwe dalam Perjanjian Lama. Jadi kebenaran yang diajarkan dalam Perjanjian Lama sama sekali tidak bertentangan dengan Perjanjian Baru, melainkan digenapi.

2. KE-ESA-AN ALLAH ADALAH KE-ESA-AN MENURUT ANGKA (NUMERIC)

Yesaya 43:3 - Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu.
 
Yesaya 43:11 - Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
Kaum Trinitarianisme menuntut bahwa “ke-Esa-an” Allah memiliki “per-SATU-an campuran” (compount unity) dimana ke-Esa-an dipahami sebagai satu tetapi dalam konsep jamak. Seperti sepasang suami isteri (Kejadian 2:24; Efesus 5:31) atau tubuh Kristus yang satu tetapi banyak anggotanya.
 
Kita tidak bisa menyetujui pengajaran ini sebab Alkitab mengajarkan bahwa Allah itu Esa, Esa dalam arti secara numeric. Jika tidak, mengapa Ia menyatakan bahwa Ialah “Yang Mahakudus (unik/ terpisah) Allah Israel juruselamatmu”? Mengapa pula Ia berkata: “Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari padaKu.”
 
Allah menciptakan langit dan bumi sendirian, dan Perjanjian Baru menegaskan segala sesuatu dijadikan oleh Yesus, dan jikalau tidak ada Dia maka tidak ada sesuatu pun yang jadi. Apakah di sini Alkitab ingin mennyatakan bahwa ada dua pencipta? (Yohanes 1:3). Tentu tidak!! Sebab Ia menyatakan sebagai “Yang Mahakudus (unik/ terpisah) Allah Israel juruselamatmu.”
 
Yesus, yang dikatakan (kaum Trinitarian) sebagai Oknum ke dua mempunyai kuasa mengampuni dosa (padahal itu adalah hak prerogatif Allah dalam PL). Apakah itu berarti ada dua Allah yang mengampuni dosa? Kalau ada dua mengapa tidak ditambah empat atau lima lagi? Tentu penyataan Alkitab tersebut bukan dimaksudkan menegaskan adanya lebih dari SATU Pribadi yang dapat mengampuni, melainkan tetap SATU Pribadi Allah saja dan tidak lebih. Sebab Ia menyatakan DiriNya sebagai “Yang Mahakudus (unik/ terpisah) Allah Israel juruselamatmu.” Jadi, Oknum ke dua ke-Allah-an itu tidak ada, sebab Allah itu hanya SATU Pribadi namun perananNya yang jamak.

Memang Tuhan bukanlah manusia atau juga benda mati yang bisa diteliti di laboratorium. Semua bahasa dan pengertian yang digunakan memang mau atau tidak mau lebih cenderung "anthrophomorphis". Namun adalah kekeliruan yang serius jika Tuhan yang esa ditafsirkan sebagi satu unit, atau satu kesatuan komplementer, apalagi kalau sampai jumlah PribadiNya lebih dari satu. Meskipun "anthrophomorphis" namun kita bisa yakin demikianlah Tuhan jika didasarkan pada penyataan Tuhan. Orang percaya berpegang pada Alkitab sebagai buku penyataan Tuhan. Dan Alkitab konsisten dari Kejadian sampai Wahyu konsisten menegaskan bahwa Tuhan itu SATU PRIBADI walaupun perananNya jamak.
 
3. KEPENUHAN KE-ALLAHAN BERDIAM DI DALAM YESUS KRISTUS

”Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan” (Kolose 2:9).
Mari kita bahas ayat ini dengan bertanya kepada diri kita sendiri:
 
a. Apakah Tuhan Yesus berada dalam ke-Allahan atau ke-Allahan berada di dalam Tuhan Yesus? Penganut Trinitas berkata, Yesus berada dalam ke-Allahan. Tetapi Alkitab berkata bahwa ke-Allahan berada di dalam Yesus. Mana yang anda percaya?
 
b. Apakah kepenuhan ke-Allahan di dalam Tuhan Yesus hanya ada sebagian? Alkitab berkata bahwa seluruh kepenuhan ke-Allahan ada di dalam Tuhan Yesus, dan bukan sebagian.
 
c. Apakah yang ingin dijelaskan oleh ayat tersebut? Ayat tersebut ingin menjelaskan kepada kita bahwa semua peranan dan manifestasi Allah, atribut-atributNya, dan keberadaan-Nya, semuanya diam di dalam Tuhan Yesus Kristus. Ini menjelaskan bahwa tempat dimana kita dapat menemukan Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah di dalam Yesus Kristus saja.
Jadi Allah itu Esa dalam arti yang sesungguhnya, yaitu SATU Pribadi, dan bukan Esa dalam kejamakan (PribadiNya lebih dari satu). Amin

1 komentar: