REBUTLAH SASARANMU

Yosua 14:11-12



Ketika Kaleb meminta pegunungan Hebron kepada Yosua, ia tahu persis apa yang dimintanya (sasaran yang harus direbut), ia juga tahu seberapa besar kemampuan yang dimilikinya.

Mengevaluasi diri sendiri itu penting (Baca: Lukas 14:31).

I. APA YANG ADA PADAMU?

Ketika Musa hendak membuat kemah tabernakel beserta perkakasnya, ia mengalami kesulitan untuk mencari orang yang bisa mengerjakannya. Sebab yang melihat contoh yang ditunjukkan Tuhan di gunung Sinai hanya Musa, dan tidak ada orang lain yang melihatnya. Tetapi Tuhan memberitahukan agar Musa menyuruh Bezaleel untuk membuatnya (Keluaran 35:30-33). Mengapa Bezaleel dan bukan yang lain? Sebab Bezaleel mempunyai 4 (empat) hal yaitu penuh Roh Allah, memiliki keahlian, memiliki pengertian dan memiliki pengetahuan.

Demikian pula kita harus memiliki ke 4 (empat) hal tersebut agar berhasil merebut sasaran hidup yang kita tetapkan bersama Tuhan.

1. PENUH DENGAN ROH ALLAH

Kita tidak bisa mengukur seseorang dipenuhi oleh Roh Allah atau tidak. Tetapi kita bisa mengetahuinya melalui sikap yang ditunjukkannya ketika orang tersebut menghadapi tantangan dalam hidupnya. Orang yang penuh dengan Roh Allah pasti memiliki sikap “kemauan yang Ilahi”.

Kita lihat contoh dalam 1Samuel 17:11—Saul memang mendapat urapan Roh Allah, tetapi dia tidak menjaga dirinya untuk selalu penuh dengan Roh Allah. Akibatnya saat menghadapi masalah sikap yang ditunjukkannya adalah penuh rasa  takut dan cemas. Coba bandingkan dengan Daud ketika menghadapi masalah, ia optimis, penuh keyakinan  bahwa pasti akan menang (1Samuel 17:45-47). Saul dan Daud sebenarnya memiliki perbedaan kecil. Perbedaan kecilnya adalah sikap. Perbedaan besarnya adalah apakah sikap mereka positif atau negative. (Baca juga Bilangan 13:25-33; Amsal 24:10).

2. KEAHLIAN (Amsal 22:29)

Setiap orang yang datang ke dunia pasti memiliki talenta. Hal itu dirancang oleh Allah agar melalui talentanya orang tersebut dapat berjuang mencapai sasarannya.
Untuk itu talenta (keahlian) harus ditemukan, dikembangkan dan jangan hanya buat bangga-banggaan saja.

3. PENGETAHUAN (Amsal 19:2)

Pengetahuan adalah kemampuan memahami sesuatu yang dimiliki seseorang yang didapat melalui pembelajaran atau pengalaman hidup. (Baca: Lukas 16:8)

4. HIKMAT (Pengkhotbah 10:10)

Hikmat adalah rahasia-rahasia Allah tentang kehidupan yang tidak terbatas. Seringkali Allah berikan untuk mempersiapkan umat-Nya untuk menghadapai sesuatu hal dimana Allah sendiri yang tahu. Hikmat adalah pikiran yang terhubung dengan Allah.
Hikmat memberikan kepada kita pertolongan (Amsal 1:24); memberikan tuntun-an (Amsal 4:11-12); memberikan strategi yang dibutuhkan (2Samuel 5:23).
Anda bisa mendapat hikmat bila anda

·  hidup takut akan  Tuhan (Amsal 9:10; 2:6),

· Dan mengingin-kan hikmat lebih dari yang lainnya(Amsal 8:17; 1Raja-raja 3:4-14).

II. JAGALAH DIRI ANDA UNTUK  TERUS TETAP BERTUMBUH

Berkomitmenlah melangkah maju untuk terus bertumbuh dalam sikap, keahlian, pengetahuan dan hikmat, sehingga anda semakin dekat untuk melihat apa yang Tuhan janjikan. Ingat! Jika anda tidak bertumbuh, anda pasti akan mati. Amin


POSTING MENARIK LAINNYA:
  1. 60 PERTANYAAN MENGENAI ALLAH TRI TUNGGAL
  2. TANYA JAWAB TENTANG KEESAAN TUHAN 
  3. MENGAPA MENOLAK DOKTRIN TRINITAS 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar