100 TAHUN RESTORASI NAMA YESUS

 oleh David K. Bernard



Pada 2013 kita merayakan seratus tahun restorasi baptisan air dalam nama Tuhan Yesus Kristus . Kami menemukan contoh dari praktek ini sepanjang sejarah gereja , namun peristiwa penting pada awal abad kedua puluh menyebabkan kebangkitan terbesar dari pesan ini sejak abad ketiga .

Nama Yesus adalah pesan yang diperbaharui dalam gerakan Pantekosta modern, yang berasal dari Sekolah Alkitab di Topeka , Kansas , pada Januari 1901 yang dipimpin oleh Charles Parham dan dengan Azusa Street Revival di Los Angeles , California , 1906-1908 dipimpin oleh William Seymour . Berdasarkan contoh-contoh dalam Kisah Para Rasul , beberapa Pentakosta awal mulai membaptis dalam nama Yesus , termasuk Parham ( 1901 ) , beberapa di Los Angeles selama Azusa Street Revival ( 1907 ) , dan Andrew Urshan , seorang imigran Persia di Chicago ( 1910 ) .

Praktek ini belum memiliki doktrin signifikansi yang kuat , namun. Dua peristiwa penting menyebabkan perkembangan dari pesan Nama Yesus sebagai gerakan yang berbeda : Worldwide Camp Meeting di Arroyo Seco pada bulan April tahun 1913 dan rebaptisms Frank Ewart dan Glenn Cook pada April 1914 .

Worldwide Apostolic Faith Camp Meeting diselenggarakan oleh RJ Scott dan George Studd dan ditahan di Arroyo Seco dekat Los Angeles , pada sebuah perkemahan yang digunakan oleh Azusa Street Mission . Pertemuan selama sebulan dimulai pada tanggal 15 April 1913, dan mungkin dua ribu orang menghadiri .

Pembicara utama adalah Maria Woodworth - Etter , seorang penginjil Pantekosta terkenal . Harapan yang tinggi , dan 364 orang menerima Roh Kudus . Banyak mukjizat penyembuhan terjadi sebagai Woodworth - Etter berdoa seorang menteri Kanada " dalam nama Yesus . " Pada baptisan layanan Robert McAlister , menjelaskan bahwa baptisan dengan model ditenggelamkan satu kali adalah yang tepat, dan bukan ditenggelamkan (dicelupkan) sampai tiga kali. Sebagai bukti ia mengutip cerita baptisan dalam Kisah Para Rasul . Para rasul dibaptis dalam nama Tuhan Yesus Kristus , mereka tidak pernah dibaptis menggunakan kata-kata " Bapa, Anak , dan Roh Kudus , " yang membutuhkan penenggelaman (pencelupan) sampai tiga kali.

Pengamatan Mc. Alister menanam benih dalam pikiran beberapa orang . Seorang pria bernama John Schaepe begitu terinspirasi bahwa ia menghabiskan malam dalam doa . Keesokan paginya ia mulai berjalan melalui kamp berteriak bahwa ia telah menerima wahyu dari kuasa nama Yesus . Dan beberapa orang yang ada di kamp tersebut dihebohkan oleh pemahaman barunya tersebut.

Seorang pria lain yang sangat terkesan adalah Frank Ewart , berasal dari Australia , di mana ia telah dibaptis oleh misionaris . Pada tahun 1903 ia berimigrasi ke Kanada , pada tahun 1908 ia menerima Roh Kudus di Portland , Oregon , dan pada tahun 1912 ia menjadi pendeta dari sebuah misi Pantekosta di Los Angeles didirikan oleh William Durham . Ewart telah mempelajari nama dan keesaan Allah untuk beberapa waktu , sehingga komentar Mc. Alister yang terutama menarik baginya . Ewart mengundangnya ke rumahnya , di mana mereka membahas implikasi teologis menggunakan nama Yesus dalam baptisan air . Mereka menyimpulkan bahwa ketika para rasul dibaptis dalam nama Tuhan Yesus Kristus , mereka benar memenuhi perintah Kristus untuk membaptis dalam nama Bapa, Anak , dan Roh Kudus ( Matius 28:19 ) .

Setelah kamp , Ewart mulai bekerja di Los Angeles dengan McAlister dan Glenn Cook, seorang penginjil mencatat yang pernah menjadi manajer bisnis penuh waktu dari Azusa Street Mission . Orang-orang terus belajar nama Yesus dan ajaran Allah . Setelah beberapa bulan McAlister kembali ke Kanada dan berbagi pemikiran mereka dengan para menteri di sana, terutama Franklin Junior. Pada titik tertentu mereka juga termasuk dalam diskusi mereka GT Haywood , teman menteri dan seorang pendeta terkemuka Afrika Amerika di Indianapolis .

Pada November 1913 di sebuah konvensi di Winnipeg , McAlister mengkhotbahkan khotbah pertama pada nama Yesus dalam baptisan air . Dan hasilnya adalah melakukan pembaptisan dan dibaptislah tiga puluh orang yang baru bertobat dalam nama Yesus Kristus . Ini adalah pertama Nama Yesus pembaptisan hasil dari pertemuan Seco Arroyo .

Kembali di Los Angeles , Ewart dan Cook menyimpulkan bahwa , mengikuti pola apostolik , baptisan air selalu harus dilakukan dengan doa dalam nama Yesus . Mereka juga menyimpulkan bahwa Bapa, Anak , dan Roh Kudus bukanlah tiga pribadi yang berbeda tapi tiga manifestasi dari satu Allah , dan Yesus adalah wahyu dari Bapa, Anak , dan Roh Kudus . Alasan mengapa ada kekuatan seperti ketika orang percaya memberitakan , berdoa , dan membaptis dalam nama Yesus adalah kepenuhan Ketuhanan berdiam di dalam Yesus .

Untuk memberitakan pesan ini , Ewart dan Cook membentangkan kemah dan mulai pertemuan di Belvedere , California , di luar Los Angeles . Pada tanggal 15 April 1914, Ewart mengajarkan khotbah pertamanya pada Kisah Para Rasul 2:38 . Ia menyatakan bahwa pesan penuh keselamatan terdiri dari pertobatan , baptisan air dalam nama Yesus Kristus , dan baptisan Roh Kudus , dan ia terkait Nama Yesus dibaptis dengan keesaan Allah di dalam Kristus . Kemudian Ewart oleh Cook dibaptis dalam nama Yesus Kristus , dan Cook membaptis Ewart .

Tindakan ini- rebaptisms pertama dalam nama Yesus Kristus - tegas diidentifikasi Kesatuan Pentakosta sebagai gerakan yang berbeda . Sebagai Nama pesan Yesus diberitakan , kebangkitan besar pecah di Los Angeles . Banyak yang disembuhkan secara ajaib dan banyak menerima Roh Kudus dalam air pembaptisan . Segera Nama pesan Yesus mulai menyebar ke seluruh dunia .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar