MENGAPA HARUS SALIB YESUS?

Roma 3:23-26


Dosa yang buruk dan jahat sudah menjebak manusia sehingga terperosok dalam kebinasaan. Apapun yang dilakukan manusia hanya membentur jalan  buntu dan tidak ada jalan keluar untuk kembali.

Alkitab menegaskan bahwa manusia bisa dibenarkan karena penebusan dalam Kristus Yesus. Mengapa harus Kristus Yesus? Apa yang sudah dilakukan oleh Yesus Kristus?

I. YESUS ANAK DOMBA ALLAH

1. Dosa tidak bisa dibereskan dengan simpati dari Allah, Efesus 2:8

Segala usaha manusia untuk membuat Allah terkesan dengan kesalehan, amal dan kebaikannya hanya menghasilkan kesia-siaan. Dosa sudah mencemari manusia begitu parah. Perbuatan baik, kesalehan, amal sehebat apapun tidak bisa terbebas dari pengaruh dan kecemaran dosa, Yesaya 64:6. Sedangkan Allah yang mahasuci adalah Allah yang tidak bisa melihat dosa sekecil apapun.

2. Dosa tidak bisa dibereskan oleh Taurat, Galatia 2:16

Taurat hanya menegas-kan bahwa betapa parahnya dosa membelenggu manusia, Roma 3:20; Roma 4:15; Roma 7:7-9.

Taurat mengurung manusia agar manusia sadar bahwa mereka butuh kasih karunia Allah, Galatia 3:22-24.

3. Dosa hanya bisa dibereskan melalui subtitusi, 2Korintus 5:21

Subtitusi artinya penggantian. Maksudnya, manusia bisa bebas dari hukuman dosa jika ada manusia yang tidak berdosa mau menggantikan hukuman dosa tersebut.

Persoalannya semua manusia sudah jatuh di dalam dosa. Itulah sebabnya Allah memberikan Yesus Kristus. Yesus Kristus adalah Firman yang menjadi manusia sama seperti kita, hanya Dia tanpa dosa (Yohanes 1:1,14). Tubuh Yesus diberikan agar menjadi korban bagi pengampunan dosa manusia.

4. Salib, demontrasi keseimbangan kasih dan keadilan Allah, Yohanes 3:16

Allah yang mahasuci harus membenci dosa. Allah yang maha adil harus menghukum dosa. Kebencian Allah terhadap dosa sudah ditimpakan kepada Yesus. Keadilan Allah sudah diwujudkan dengan tindakan menghukum Yesus. Kasih Allah sudah diwujudkan dengan memberikan Yesus Kristus sebagai pengganti hukuman manusia.

II. YESUS KORBAN YANG SEMPURNA, Ibrani 7:25-28

Yesus adalah korban yang sempurna. Korban-korban yang lain (dlm Taurat) adalah bayangan dan peringatan. Korban yang sempurna dilakukan cukup satu kali untuk selama-lamanya. Ibrani 9:27-28. Amin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar