PERSAINGAN DAN NILAI TAMBAH





Banyak orang mengeluh karena banyaknya kompetitor (pesaing) dalam bisnis. Seorang bisnisman sejati tidak takut untuk berkompetisi. Persaingan yang sehat itu penting dalam dunia bisnis. Roda ekonomi nasional maupun global akan berputar lebih baik kalau ada suasana kompetisi yang sehat.  Dan itu berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kompetisi bukanlah sesuatu yang menakutkan bila kita siap. Kita bisa berkata siap jika kita bisa menemukan alasan yang kuat bagi pelanggan mengapa dia harus memakai jasa ataupun produk kita.

Kalau jualan beras, semua toko menjual beras. Tetapi mengapa dia harus membeli beras di tempat anda? Untuk bisa menjawab itu anda harus memberikan nilai tambah kepada usaha yang anda jalankan.

Misalkan: kalau belanja di toko anda barang diantar sampai di tempat secara gratis. Atau anda menjual beras lebih murah daripada toko lain.

Untuk memberi nilai tambah pada bisnis kita tidak harus dengan cara yang aneh-aneh ataupun muluk-muluk.

Kita bisa memulai menambahkan nilai tambah dengan nilai tambah yang ada pada  diri kita sendiri. Misalkan kejujuran, keramahan, kepedulian, ketulusan yang diejawantahkan dalam praktek berbisnis setiap hari. Semua ini nilai tambah yang tak ternilai harganya dimata customer. Apalagi ditambahkan nilai-nilai tambah yang kreatif lainnya. Hal ini akan menjadikan diri kita kompetitor yang tak tersaingi.

[BINA BISNIS]







          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar