MENGHADAPI DENGAN BIJAK





Mahatma Gandhi adalah tokoh perjuangan bangsa India yang anti menggunakan kekerasan dalam melawan penjajahan Inggris.

Saat istirahat kuliah Mahatma Gandhi melihat Profesor Peter  di kantin, dan Gandhi mencoba untuk duduk mendekatinya. Tiba-tiba Peter berkata,”Gandhi, kamu tahu burung tidak pernah berdekatan dengan babi.”

Mendengar hal itu Gandhi tidak marah, ia berkata,”Baiklah Prof, kalau begitu burung akan segera terbang.” Lalu ia pindah ke tempat lain.

Dalam kelas Profesor Peter sangat tidak suka dengan Gandhi. Dan ia menyampaikan pertanyaan kepada Gandhi,”Gandhi, kalau kepadamu diberikan sekantong kebijaksanaan dan sekarung uang, manakah yang kamu pilih?”.

Gandhi menjawab, “Saya akan memilih sekarung uang.”

“Lihatlah, betapa dungunya orang India ini. Kalau aku memilih sekarung kebijaksanaan” Kata Profesor Peter dengan congkak.

Gandhi menimpali jawaban Peter,”Saya mengambil sekarung uang, karena saya tidak perlu mengambil apa yang saya sudah punya.”

Profesor Peter sangat tersinggung dengan ucapan Gandhi.

Suatu ketika kertas jawaban ujian Gandhi tidak dinilai oleh Peter tetapi diberi tulisan “Idiot”. Melihat hal ini Gandhi juga tidak marah. Ia mendatangi Profesor Peter sambil berkata,”Tuan Profesor, kertas jawaban ujian saya ditanda tangani tetapi belum di beri nilai. Tolong tuan berikan nilai di kertas ujian saya ini.”

Jika anda memiliki hikmat, hidup itu tidak harus dijalani dengan kemarahan dan persungut-sungutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar