SEJARAH PEPERANGAN ROHANI

Nats: Yesaya 14:12-15 

 Oleh: Pdt. Edi Zakaria 

Orang Kristen harus sadar bahwa hidup Kristen itu adalah hidup dalam peperangan rohani. Karena itu setiap orang Kristen harus aktif dan giat melawan Iblis dan para pengikutnya. Mereka yang pasif membuktikan diri sebagai tawanan Iblis.
Kapan peperangan rohani itu dimulai? Bagaimana kita memenangkan peperangan tersebut?

I. LUSIFER MEMBERONTAK ALLAH (Yesaya 14:12-15).
Dalam suatu kekekalan di masa lampau penghulu malaikat Tuhan bernama Lusifer memberontak hendak merebut tahta Allah. Ia dibuang ke bumi dan menjadi Iblis (Diabollos). Dari angkasa ia menguasai bumi sebab angkasa menjadi markasnya (Yesaya 14:15; 1Yohanes 5:19; Efesus 6:12).

II. IBLIS MENJEBAK MANUSIA
Manusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang dilengkapi kelengkapan moral dan akal budi memilih menuruti perintah musuh Allah (si ular) ketimbang perintah Allah. Sejak saat itu manusia jatu dalam dosa dan menjadi seteru Allah (Kejadian 3:4-6; Roma 3:23; 6:23).

III. KEMENANGAN YESUS ADALAH KEMENANGAN ORANG PERCAYA
Iblis sudah dikalahkan ketika Yesus bangkit dari kematian, dan manusia telah direbut dari cengkeraman Iblis dan dosa. Kuasa Iblis sudah dilucuti. Semua tuduhan terhadap kita sudah dituntaskan di atas kayu salib. Kemenangan Yesus adalah juga kemenangan orang percaya (Kolose 2:15; 1Korintus 15:57).

IV. YESUS MENANG, TETAPI IBLIS BELUM DIMUSNAHKAN
Iblis sudah tidak bisa menyerang dan menghabisi anak Tuhan. Semua serangannya sudah dilumpuhkan. Hanya satu hal yang bisa dilakukan oleh yaitu menggunakan tipu muslihat.
Anak Tuhan tidak boleh menjadi bodoh agar tidak terkena tipu muslihat Iblis.
Anak Tuhan harus selalu waspada terhadap tipu muslihatnya (Efesus 6:11).
Iblis tidak bisa merasuki orang percaya, kecuali ia memberi kesempatan untuk Iblis merasukinya (Efesus 4:27)

MENGAPA IBLIS   TIDAK DIMUSNAH- KAN ALLAH SEKARANG JUGA?
1. Allah tidak memusnahkan Iblis sebab masih banyak orang yang termakan oleh tipu dayanya (Matius 13:29-30)
2. Allah tidak memusnahkan Iblis sebab Allah menentukan sejumlah orang harus diselamatkan lebih dulu melalui pemberitaan Injil (Roma 11:25).
3. Iblis tidak dimusnahkan sekarang sebab Allah ingin membuktikan bahwa Allah panjang sabar. Dan kesabaran Allah bukan untuk dipermainkan, melainkan memberikan kesempatan orang untuk bertobat (2Petrus 3:9)
4. Allah tidak memusnahkan Iblis sekarang sebab orang percaya harus membuktikan dirinya sebagai orang yang tahan uji (Matius 24:12-13).
5. Allah tidak memusnahkan Iblis saat ini disebabkan Injil belum tuntas diberitakan ke seluruh dunia (Matius 24:14).
Mengapa Injil harus diberitakan ke seluruh dunia lebih dulu?
1. Agar terbukti bahwa Allah itu adil. Sehingga bila ada orang masuk neraka itu bukan karena tidak mendengar bahwa  Tuhan Yesus itu juruselamat. Melainkan  ia binasa karena keputusannya sendiri yaitu dengan menolak Yesus.
2. Injil diberitakan untuk memanggil orang yang telah ditentukan Allah untuk diselamatkan (Efesus 1:4-5).




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar