LCD Text Generator at TextSpace.net

MENJADI HAMBA TUHAN

Yesaya 49:3-6

Oleh: Pdt  Edi Zakaria


Yesaya pasal 49 berisi nubuatan tentang perendahan diri   Yesus. Yaitu Yesus Kristus akan datang  mengambil rupa  seorang hamba.

Namun demikian Yesaya 49 juga berbicara tentang kita orang percaya yang dipanggil Tuhan   untuk menjadi     seorang hamba   Tuhan.

I. POSISI HAMBA TUHAN (ay. 3-6)

1. Posisi tertinggi (ay. 3)

Di dunia ini ada   banyak jabatan yang prestisius. Tetapi tidak ada jabatan yang memiliki janji bahwa Tuhan akan menyatakan kemuliaanNya melalui dia, kecuali kepada mereka yang menjadi hamba Tuhan.

2. Posisi terjamin (ay. 4)

Banyak jabatan yang menjanjikan fasilitas. Tetapi hanya menjadi hamba Tuhan yang memiliki jaminan bahwa semua jerih payahnya tidak menjadi sia-sia.

3. Posisi prospektif (ay.5-6)

Banyak orang takut merelakan anaknya menjadi hambaTuhan, karena menganggap hamba Tuhan tidak memiliki prospek masa depan.

Padahal semua jabatan di dunia prospeknya hanya sampai liang kubur. Tetapi menjadi hamba Tuhan cakupan pelayanannya sampai ujung bumi. Dan kehormatannya bukan hanya di mata manusia, tetapi juga di mata Tuhan.

II. JENIS PELAYANAN HAMBA TUHAN

Adalah kabar baik buat kita semua. Bahwa yang bisa menjadi hamba  Tuhan bukan hanya Pendeta, Pekerja Gereja atau yang sejenisnya. Setiap orang yang sudah ditebus oleh Yesus bisa menjadi hamba Tuhan. Melihat peranan yang harus dijalankan, hamba Tuhan ada 2(dua) macam:

1. Pelayanan murni Gereja

Hamba Tuhan dengan pelayanan murni Gereja memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital.

Efesus 4:11-13—menegaskan bahwa tanggung jawab kualitas rohani, kedewasaan iman umat Tuhan berada di tangan hamba Tuhan murni Gereja. Mereka bertanggung jawab memperlengkapi umat Tuhan agar bisa melayani, termasuk pelayanan kepanjang-an Gereja (church extended) di market place (di dunia kerja)

2. Pelayanan    kepanjangan Gereja (Lukas 10:7-10)

Zakheus adalah contoh umat yang telah diperlengkapi dan dibina oleh hamba Tuhan dengan pelayanan murni Gereja. Zakheus membawa nilai-nilai Kerajaan Allah ke  market place (dunia kerja). Zakheus melakukan fungsi dan peranannya sebagai hamba Tuhan kepanjangan Gereja (Church Extended). Perhatikan apa yang dilakukan Zakheus (ay.8). Setengah dari miliknya diberikan kepada orang miskin. Dan yang merasa dirugikan akan diganti 4 kali lipat. Wow ini dahsyat!! Kota Yerikho sebagai kota terkutuk mengalami transformasi (keubahan) yang luar biasa.

III. TRANFORMASI ADALAH RENCANA ALLAH

Allah mempunyai rencana besar. Dia ingin mentransformasi  keluarga, kota, propinsi, Negara dan dunia kita.

Bila umat  Tuhan benar-benar menjadi hamba Tuhan, Dia akan mengalirkan kekayaan orang fasik kepada orang benar (Yesaya 66:12). Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar