HIDUP RUKUN DAN HARMONIS

Mazmur 133:1-3




Kerukunan dan keharmonisan menjadi sesuatu yang semakin langka dan mahal. Hampir setiap hari kita disuguhi berita kriminalitas, pertengkaran dan perselisihan. Dan itu juga tampak ke permukaan akhir-akhir ini. 

Pelajar sesudah mengerjakan ujian, pulangnya membajak bis Mayangsari dan melakukan tawuran, Geng motor marak dimana-mana disertai dengan sejumlah catatan daftar kejahatan. Mahasiswa demo dengan anarkis. Masih panjang lagi contoh-contoh konkrit disintegrasi dan disharmonisasi.


1. KEPUTUSAN YANG LUAR BIASA (ay. 1)

Untuk bias rukun dan harmonis dibutuhkan keputusan bersama yang solid. Memutuskan untuk hidup rukun dan harmonis adalah keputusan yang luar biasa. Alkitab mencatat sebagai keputusan :

· Sungguh, alangkah baiknya.

· Suatu keputusan yang indah.


2. PENGGAMBARAN KEBAIKAN DAN KEINDAHAN KEHIDUPAN RUKUN DAN HARMONIS (ay. 2-3)

· Seperti minyak yang baik di kepala Harun  yang meleleh ke janggut dan leher jubahnya.

Hal ini menggambarkan adanya otoritas dan kemampuan yang luar biasa yang bisa diraih oleh sebuah komunitas yang memiliki kondisi rukun dan harmonis.

· Seperti embun gunung Hermon yang turun ke bukit-bukit Sion.

Gunung Hermon dan perbukitan sion memiliki jarak yang jauh. Namun ada keajaiban terjadi dimana puncak gunung Hermon yang bersalju itu mendapat hembusan angin sehingga menimbulkan embun yang turun ke perbukitan Sion. Seajaib itulah berkat Tuhan tercurah atas komunitas yang mau hidup rukun dan harmonis. Berkat Tuhan tidak dicurahkan di sembarang tempat. Berkat Tuhan dicurahkan hanya di tempat dimana umat Tuhan mau hidup rukun dan harmonis.

Keluaran 17:8-16 adalah bukti ketika umat mau hidup tunduk pada otoritas di atasnya maka tercipta kerukunan dan keharmonisan yang mendatangkan berkat kemenangan. Amin


 POSTING MENARIK LAINNYA:
  1. KEKRISTENAN YANG ALKITABIAH
  2. MEMBERI ADALAH ANUGERAH
  3. KEJAMAKAN YANG MENGACAUKAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar