YAKIN AKAN KEHEBATAN MESIN

Seorang salesman alat penghisap debu mengetuk pintu sebuah rumah. Ketika pintu dibuka, salesman ini langsung menyebarkan kertas-kertas dan sampah di karpet ruang tamu.

Katanya, “Maaf ibu, saya sebar kotoran ini di karpet Ibu yang indah ini, karena saya sangat yakin dengan kehebatan mesin vacum cleaner yang saya tawarkan ke Ibu. Untuk meyakinkan Ibu, saya akan ambil kertas-kertas dan kotoran ini dan saya akan makan dengan mulut saya sendiri jika tidak tersedot dengan mesin hebat yang saya tawarkan ke Ibu.”

Si sales tersebut nyerocos terus sampai pemilik rumah menyela dan berkata: “Makan saja itu sampah dan kotoran, rumah ini tidak ada listriknya. Tahu!”.

Si sales terkejut dan tiba-tiba terkapar karena tidak siap makan sampah dan kotoran yang ditebarkannya.

Pesan:
Sahabat tawa, dalam kita berkomunikasi sebaiknya jangan suka mendominasi atau menguasai pembicaraan. Belajarlah mendengar dengan baik. Nasehat Yakobus tokoh Kristen yang hidup pada abad pertama Masehi berkata:

“Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar