KESEIMBANGAN DISIPLIN DAN KASIH SAYANG




Mendidik anak di era sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan dan masalah yang rumit yang mesti dijadapi.

Kunci untuk bisa melakukan pendidikan secara benar perlu adanya keseimbangan antara disiplin dan kasih sayang.

Orang tua yang tidak memberikan kasih sayang, dan juga tidak mau mendisiplin anak-anaknya, ia menjadi orang tua pembiar. Akibatnya, anak-anaknya akan tumbuh menjadi anak-anak yang liar.

Orang tua yang menekankan disiplin secara berlebihan akan menjadi orang tua yang otoriter. Dan anak-anaknya akan menjadi anak yang suka memberontak, merasa tertolak dan menjadi pendendam.

Orang tua yang mengasihi anak-anaknya secara luar biasa, dan mengabaikan disiplin. Ia menjadi orang tua pemanja. Dan anak-anaknya akan menjadi anak yang manja, egois dan menyusahkan orang tua di masa dewasanya nanti.

Orang tua yang memberikan kasih sayang dan disiplin secara seimbang. Ia menjadi orang tua yang demokratis. anak-anaknya akan tumbuh memiliki kepribadian yang utuh.

Investasikanlah kasih sayang anda pada putra–putri anda. Tetapi imbangilah kasih sayang anda tersebut dengan disiplin yang benar dan tepat.

[BINA KELUARGA]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar