BLAME - EXCUSE - JUSTIFY



Seseorang pasti menjadi pecundang (kalah, gagal) jika mempunyai kebiasaan BEJ (Blame = menyalahkan, Excuse = cari alasan, and Justify = menghakimi).

BLAME

Menyalahkan negara, lingkungan, gereja, orang tua, pendidikan, umur, mengapa dia dilahirkan menjadi orang miskin dan gagal. Dia selalu menyalahkan.

EXCUSE

Selalu ada alasan untuk memaafkan diri sendiri. Yah...Saya masih muda sih. Atau saya belum pengalaman, atau saya belum belajar. Pecundang ini berpikir dirinya mengatakan kebenaran, tetapi kebenaran yang tidak bermanfaat. Satu-satunya manfaat hanyalah menjadikan dia orang yang kalah, miskin dan gagal. Hal ini akan menghentikan dia bertindak untuk belajar menjadi lebih baik.

JUSTIFY

Ketika ada orang lain yang lebih sukses daripada dia, dia bilang: "o.. terang saja, tidak heran, sudah layak dan sepantasnya". 

Dia selalu justify orang lain yang lebih sukses daripada dia tanpa mau BELAJAR. 

Ketika ada orang yang kaya, dia selalu omong: "terang saja dia kaya, dia anaknya orang kaya..., sekolah di luar negeri.., bahasa inggris lancar.., kenal anak menteri dimodalin BMW.., ya terang saja dia sekarang sukses dalam usahanya.."

Lihat cara berpikirnya. Ketika orang tidak berhasil, dia akan selalu menceritakan Blame, Excuse, atau Justify.

Jika anda adalah seorang pemenang, anda harus menghindari ketiga hal tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar