TAHTA PENGADILAN KRISTUS

 



Tahta pengadilan Kristus tidak sama dengan tahta putih. Tahta pengadilan Kristus adalah bagi mereka yang terangkat ke awan-awan untuk menjumpai Yesus di angkasa saat ke datanganNya kali yang ke dua. Saat itu sangkakal berbunyi dan orang yang mati dalam Tuhan dibangkitan dan mereka yang masih hidup diubahkan dengan tubuh kemuliaan (1Tesalonika 4:16-17).

Tahta putih adalah tempat orang yang diadili bagi mereka yang tidak dibangkitkan dalam kebangkitan yang pertama.


I. KAPAN?

Tahta pengadilan Kristus terjadi saat semua orang kudus yang telah diangkat, mereka dikumpulkan.

Semua orang percaya harus memberi pertanggungjawaban.

1 Tesalonika 4:14 (TB)  Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.


II. APA YANG TERJADI?

Setiap orang percaya harus memberi pertanggungjawaban kepada Kristus.

Roma 14:10-12 (TB)

10 Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah. 

11 Karena ada tertulis: "Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah."  

12 Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

Di pengadilan Kristus semua jerih lelah dan ketulusan hati kita mendapatkan ganjarannya.

Di sini kita tahu bahwa kekristenan bukan berbicara tentang surga atau neraka saja. Tetapi walaupun masuk surga namun jika kita tidak bisa memberi pertanggungjawaban di hadapan Kristus tentang semua yang Allah percayakan, maka kita akan mengalami kerugian yang hebat. 

Kerugian itu ibarat membangun rumah namun menggunakan bahan-bahan bangunan yang mudah terbakar dan semua diuji dengan api.

1 Korintus 3:12-15 (TB)

12 Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami,

13 sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. 

15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Bukan berarti yang bangunannya yang dibakar dengan api lalu orangnya masuk neraka. Tidak! Bukan begitu. Walaupun tidak masuk neraka, tetapi bukan berarti ini bukan kesedihan. Ini kesedihan oleh karena kerugian yang hebat. 

Di sinilah tujuan dan motivasi pengabdian dan pelayanan kita kepada Kristus diuji.

Namun bila lulus uji maka kita akan menerima mahkota.

Kita akan mendengar pujian dari Tuhan.

Matius 25:23 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.


Ada 5(lima) mahkota yang dicatat dalam Alkitab:


1. Mahkota abadi

1 Korintus 9:25 (TB)  Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. 

Diberikan bagi yang mengikuti pertandingan iman dengan tuntas.


2. Mahkota kemegahan

1 Tesalonika 2:19 (TB)  Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu?

Tersedia bagi mereka yang melayani jiwa-jiwa.

Karena itu mari kita terus bersemangat melayani.

Filipi 4:1 (TB)  Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!


3. Mahkota kebenaran

2 Timotius 4:8 (TB)  Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

Mahkota ini diberikan kepada mereka yang bertekun mempertahankan iman sampai langkah terakhir.


4. Mahkota kehidupan

Yakobus 1:12 (TB)  Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Mahkota ini diberikan kepada orang yang tahan uji.

Wahyu 2:10 (TB)  Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.


5. Mahkota kemuliaan

1 Petrus 5:4 (TB)  Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu. 

Mahkota ini diberikan kepada mereka yang memiliki kehidupan menggembalakan banyak orang.


III. TUJUAN PENGADILAN KRISTUS

1. Pertanggungjawaban orang percaya kepada Kristus.

2. Menentukan ganjaran dan mahkota.

3. Memastikan semua yang dilakukan orang percaya tidak ada yang sia-sia.

4. Memastikan bahwa ketidak maksimalan menggunakan potensi diri untuk kemuliaan Tuhan adalah kerugian yang besar.

Pesan Tuhan melalui hamba-Nya Rasul Paulus:

Kolose 3:23 (TB)  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.


Madiun, Agustus 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar