KEKUATAN FORMULASI BAPTISAN AIR

 


 

Meskipun sudah pernah dibahas perihal baptisan air namun beberapa hari terakhir masih ada yang mempertanyakan persoalan tersebut. Ada baiknya ditulis ulang, mudah-mudahan bisa ditemukan sisi dan perspektif yang dibutuhkan.

I. ASAL USUL RITUAL BAPTISAN AIR

Hukum Musa menandaskan bahwa umat Allah harus bersih, baik secara rohani maupun jasmani. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan bangsa Israel menjadi najis sehingga mereka harus mentahirkan diri dengan mandi dan mencuci pakaian mereka.​—Imamat 11:28; 14:1-9; 15:1-31; Ulangan 23:10, 11.

Bahkan para imam dan orang Lewi diharuskan mentahirkan diri, dengan ancaman hukuman mati, untuk membasuh tangan serta kaki mereka sebelum menghampiri mezbah-Nya.​—Keluaran 30:17-21. Tampaknya akar ritual baptisan air adalah ritus pentahiran dengan media air.

Upacara "baptis" dalam agama Yahudi yang mereka namakan טבילה – TEVILÂH juga wajib dijalani para calon yang dibaptis dari non-Yahudi yang akan masuk menjadi pengikut agama Yahudi.

Kalangan non-Yahudi yang dibaptis disebut kalangan proselit. Menurut Talmud dan sudut pandang Parisi-Palestina, di samping harus di"benamkan ke dalam air" (dibaptis), kalangan proselit itu harus disunat dan mempersembahkan korban. Ada dua jenis proselit yaitu 'ger tosyav', "proselit yang bertempat tinggal di Israel" atau 'ger sya'ar', "proselit pintu gerbang", dan 'ger tsedeq', "proselit yang benar" atau 'ger haberit', "proselit perjanjian" (Bava' Metsi'a' 5,6,9, 12; Makot 2,3, Nega'im 3).

טבילה – TEVILÂH (baptisan) adalah tindakan membenamkan diri seseorang ke dalam air. Di masa purba, orang Yahudi menggunakan sungai, namun di era berikutnya dan modern, mereka menggunakan kolam khusus yang disebut מקוה - MIQVEH.

מקוה - MIQVEH yang berisi air disebut מקוה מים - "MIQVÊH MAYIM".
 2 Raja-raja 5:14

LAI TB, Maka turunlah ia MEMBENAMKAN dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

Begitulah baptisan air yang harus dilakukan oleh orang yang hendak menganut agama Yahudi dilakukan oleh Naaman.

II. PERGESERAN MAKNA BAPTISAN

Ritual "baptis" pada Yudaisme memiliki arti dan makna yang berbeda dengan arti dan makna baptisan yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis. Arti dan makna baptisan air yang dilakukan Yohanes pembaptis berbeda pula arti dan maknanya dengan baptisan air dalam Kristen.

1. Ritual baptis dalam Yudaisme

Ritual baptis dalam Yudaisme lebih menekankan kepada membersihkan dari kenajisan. Itulah sebabnya ritual ini bisa dilakukan secara berulang-ulang.

Yesus mengkritik orang Farisi karena mereka bersikukuh pada pentahiran ritual. Berdasarkan bukti yang ada, mereka mempraktekkan ”berbagai pemandian”, termasuk ”memandikan cawan dan kendi dan bejana tembaga”. Yesus mengatakan bahwa orang Farisi melangkahi perintah Allah demi memberlakukan tradisi mereka sendiri. (Ibrani 9:10; Markus 7:1-9; Imamat 11:32, 33; Lukas 11:38-42). Mengingat dalam hukum Musa, tidak ada tuntutan untuk membenamkan tubuh seluruhnya.

2. Ritual baptisan air oleh Yohanes pembaptis

Orang Yahudi melakukan ritus pentahiran. Namun, baptisan yang Yohanes lakukan bukanlah semacam pemandian ritual yang dikenal orang Yahudi. Fakta bahwa Yohanes akhirnya dikenal sebagai Pembaptis menunjukkan bahwa pembenaman yang ia lakukan berbeda. Para pemimpin agama Yahudi bahkan mengutus sebuah delegasi kepadanya untuk bertanya, ”Mengapa engkau membaptis?”​—Yohanes 1:25.

Pentahiran yang dituntut oleh Hukum Musa harus diulangi setiap kali seorang penyembah menjadi najis. Tidak demikian halnya dengan baptisan Yohanes dan baptisan yang belakangan dipraktekkan orang Kristen. Baptisan Yohanes mengartikan pertobatan dan penolakan haluan hidup sebelumnya. Dalam hal ini Yohanes benar-benar menjalankan fungsinya sebagai perintis jalan Tuhan.

3. Baptisan air dalam kekristenan

Dalam kekristenan baptisan bukan sekedar ritual pentahiran atau pertobatan, namun memiliki makna lebih dalam lagi yaitu langkah mengidentifikasi diri dengan Kristus. Itulah sebabnya dibenamkan ke dalam air adalah peragaan bahwa orang percaya telah menyatu dengan Kristus dalam kematianNya, penguburanNya dan kebangkitanNya.

Pertobatan adalah mati bersama Kristus. Alkitab berkata:

Roma 6:5-7 (TB)

5 Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.

6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

7 Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.

Dengan mendasari fakta bahwa kita telah mati bersama Kristus memberi implikasi bahwa dosa yang mendominasi dan memperbudak orang percaya sudah kehilangan kuasaNya. Sebab orang yang mati bukan hanya tidak bisa menikmati selera atas dosa, lebih jauh lagi orang mati tidak bisa dituntut oleh tuan yang lama yaitu dosa. Alkitab berkata:

Roma 6:7 (TB)  Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.

Orang yang mati harus dikubur. Orang percaya bukan hanyati bersama Yesus. Ia juga dikubur bersama Kristus dalam baptisan air. Alkitab berkata:

Roma 6:4 (TB)  Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.  

Jika kita mati bersama dengan Kristus maka kita juga bangkit bersama Kristus dalam kehidupan yang baru.

Roma 6:4

Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.  

2 Korintus 4:14

Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diri-Nya.

Efesus 2:6

dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,

Dibaptis dengan air itu bukan hanya sekedar lambang, tetapi juga bukti keputusan untuk setia mengikut Tuhan Yesus Kristus. Dan bagi orang yang mengikut Tuhan Yesus Kristus, Tuhan Yesus menetapkan syarat yang tidak boleh ditawar-tawar. Yaitu harus memikul salib, dan menyangkal diri serta setia mengikut Yesus.

“Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.” (Lukas 9:23)

Jadi sesudah dibaptis harus bersedia untuk setia mengikut Tuhan Yesus Kristus dengan rela menyangkal dan memikul salib diri setiap hari.

Dibaptis itu berarti dipersekutukan dengan anggota tubuh Kristus dan menjadi anggota keluarga Allah. Hal ini bisa diwujudkan dengan cara rela tertanam di Gereja local.

“Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10:25).

“  Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.” (Ibrani 13:17)

Dari uraian di atas kita melihat bahwa baptisan bukan monopoli tradisi Kristen semata.

Apa yang harus menjadi titik tumpu yang membedakan dari semua ritus baptisan air tersebut? Jelas, betapa pentingnya formulasi baptisan air yang benar yang harus diucapkan saat pelayanan baptisan air dilaksanakan. Untuk siapakah dan untuk apakah dia dibaptis adalah penentu utama keabsahan keapostolikan pelayanan baptisan air tersebut.

III. MENGAPA ORANG PERCAYA HARUS DIBAPTIS?

A. Karena mel.akukan pelayanan baptisan air adalah perintah Tuhan Yesus Kristus.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,” (Matius 28:19).

B.     Karena melakukan pelayanan baptisan air adalah perintah Para Rasul Tuhan Yesus Kristus.

“Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” (Kisah Para Rasul 2:38).

C.     Karena melakukan pelayanan baptisan air adalah mengikuti teladan Tuhan Yesus Kristus.

“Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?" Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.” (Matius 3:13-15)

D.    Karena melakukan pelayanan baptisan air adalah syarat untuk memiliki kepastian keselamatan.

“Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” (Markus 16:16)

E.     Karena melakukan pelayanan baptisan air agar memiliki hidup yang baru bersama Kristus.

“  Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.   Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.” (Roma 6:3-5)

F.     Karena melakukan pelayanan baptisan air agar menjadi anggota tubuh Kristus/ anggota keluarga Allah.

“Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya: banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.” (1Korintus 12:12-13).

“Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.” (Galatia 3:26-28).

G.    Karena melakukan pelayanan baptisan air agar memiliki hati nurani yang baik.

“Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan  —  maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah  —  oleh kebangkitan Yesus Kristus,” (1Petrus 3:21).


IV. BAPTISAN AIR YANG APOSTOLIC DAN ALKITABIAH

Di atas telah kita tegaskan bahwa pelayanan baptisan air dilakukan bukan sebagai sekedar tradisi melainkan perintah Tuhan Yesus Kristus dan para rasulNya, itu yang terpenting. Karena itu cara pelayanan baptisan air yang harus dilakukan juga harus mengikuti apa yang Tuhan ajarkan dalam Alkitab. Sebab ukuran kebenaran yang harus kita pegang adalah apa yang Alkitab katakan.

a.     Pelayanan baptisan air harus dilakukan dengan cara diselamkan

“Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,” (Matius 3:16)

b.     Pelayanan baptisan air boleh dilakukan hanya kepada yang sudah memenuhi syarat (yaitu bertobat).

Anak-anak tidak boleh dibaptis, anak-anak hanya boleh diserahkan kepada Tuhan Yesus untuk diberkati. Pelayanan penyerahan anak ini dilakukan oleh orang tua anak tersebut di Gereja, dihadapan Sidang Jemaat. Dengan menyerahkan anak kepada Tuhan berarti orang tua sadar bahwa dia butuh pertolongan Tuhan untuk mendidik, mengasuh dan merawat anak tersebut. Selain itu orang tua juga berjanji bahwa mereka akan mendidik anak-anak mereka secara bersungguh agar hidup sesuai ajaran Tuhan.

“Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.”(Matius 19:14-15)

c.      Pelayanan baptisan air harus dilakukan “didalam nama Tuhan Yesus Kristus”, dan bukan “didalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus”.

Memang Tuhan Yesus memerintahkan para murid untuk membaptis dalaman nama Bapa, Anak dan Roh Kudus (Matius 28:19). Tetapi tidak seorang pun murid Yesus yang melakukan pelayanan pembaptisan air dengan cara tersebut. Juga tidak ada satu tokoh Alkitab pun yang dibaptis dengan cara tersebut. Yang ada adalah dibaptis “dalam nama Tuhan Yesus Kristus”. (Kisah Para Rasul 2:38; 8:16; 10:48; 19:5).

Mengapa demikian? Sebab para murid tahu bahwa Bapa, Anak dan Roh Kudus itu menunjuk kepada SATU pribadi yaitu Tuhan Yesus Kristus. Dan itulah sebabnya dalam Matius 28:19 disebutkan “baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,”. Perhatikan pada kata “nama” disebutkan satu kali (tunggal, bukan jamak) untuk dikenakan pada Bapa, Anak dan Roh Kudus. Hal ini menegaskan bahwa Bapa, Anak dan Roh Kudus itu bukan pribadi-pribadi Allah yang berbeda-beda, tetapi pribadi yang satu dan sama, namun perananNya yang berbeda-beda.

“Sebab dalam Dialah (tunggal, yaitu Tuhan Yesus Kristus) berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,”(Kolose 2:9).

Pelayanan baptisan air yang dilakukan diluar cara ini, orang tersebut “sama sekali belum dibaptis” karena itu ia membutuhkan pelayanan baptisan air yang sesuai isi Alkitab. Mengapa demikian?

1. Alkitab adalah satu-satunya dasar kebenaran iman Kristen.

2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

2. Gereja Tuhan harus didirikan dan dibangun atas dasar pengajaran para rasul dan para nabi.

Efesus 2:20 (TB)  yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.


Madiun, September 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar